8 Langkah Submit Sitemap di Blogger

Artikel ini merupakan tulisan saya di salah satu blog yang saya miliki, sengaja saya memposting ulang karena di beberapa forum-forum diskusi yang saya kunjungi, saya menemukan kenyataan bahwa ternyata masih begitu banyak sobat-sobat yang mencari petunjuk tentang cara submit sitemap blog Blogger mereka ke Google. Meskipun hal ini sebenarnya sangat mudah namun yang mengherankan adalah sangat sedikit jawaban atau petunjuk yang memuaskan untuk pertanyaan di atas. Itulah alasan mengapa saya memutuskan untuk menulis posting ini.

Meskipun Google memiliki platform Blogger.com kebanyakan blog secara otomatis diindeks oleh Google. Namun, Anda mungkin menemukan bahwa proses pengindeksan tidak selalu berjalan lancar atau secepat yang diinginkan. Oleh karena itu menambahkan sitemap ke Google secara manual memiliki sejumlah keuntungan yang berbeda antara lain:

  • Lebih cenderung memiliki pengindeksan tepat waktu dari blog Anda.
  • Lebih mungkin bahwa semua URL di situs Anda akan diakses
  • Lebih sering memperbarui indeks blog Anda dalam menanggapi posting baru
  • Peningkatan lalu lintas situs sebagai hasil dari semua halaman yang diindeks
Berikut Panduan untuk mengsubmit sitemap Blog Blogger Anda ke Google :

1. Sign in ke Google Webmaster Tools

Situs ini menyediakan analisis rinci tentang bagaimana Google mengindeks blog Anda. Cara termudah untuk mengakses tool Google Webmaster adalah dengan mengklik Akun Saya di Navbar Blogger dan kemudian memilih Google Webmaster Tools dari daftar. Atau langsung ke Webmasters Tools

2. Tambahkan Blog Anda ke Webmaster Tools

Di bawah caption “Situs”, Anda akan menemukan sebuah tombol yang memungkinkan Anda untuk menambahkan situs. Klik sekali di dalam kotak untuk menghapus teks default. Sekarang masukkan URL lengkap situs Anda di kotak termasuk awalan http:// dan klik pada tombol “Lanjutkan”. Misalnya untuk menambahkan situs ini “blogsaya.blogspot.com” maka Anda akan memasukkan: http://blogsaya.blogspot.com/

3. Verifikasi Kepemilikan Blog Blogger Anda

Berikutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin memverifikasi blog Anda segera atau di lain waktu. Saya sarankan melakukannya segera. Pada titik ini Anda akan diberikan 2 pilihan: satu untuk memverifikasi situs Anda dengan meng-upload file HTML dan yang lainnya dengan memasukkan meta tag ke dalam kode HTML dari template blog Anda. Karena Anda tidak memiliki akses ke server pada Blogger.com maka anda perlu memilih pilihan kedua. Untuk melakukan ini pilih “tambahkan tag meta” pada menu dropdown yang berjudul “Pilih Metode Verifikasi”.

Setelah Anda membuat pilihan ini Anda akan disajikan dengan beberapa baris teks dan Anda perlu mencopy (Ctrl C) ke clipboard komputer Anda.

4. Klik Tab Blogger Tata Letak Blog Anda di Window Baru

Buka Blogger di tab atau jendela baru dan masuk jika anda belum masuk – Dashboard> – Layout>. Jika Anda telah membuat lebih dari satu blog pastikan Anda klik pada judul yang sesuai blog Anda.

5. Edit Template Blog Anda di Blogger

Layout -> Edit HTML. Pada tahap ini Anda harus mencari dalam kode template Anda untuk tag pertama . Kemudian paste kode meta tag yang Anda buat pada Langkah 3 langsung ke dalam template di bawah tag . Berhati-hatilah untuk tidak menimpa kode yang ada! Klik Simpan Template untuk mengupdate blog Anda.

6. Kembali ke Webmaster Tools dan Verifikasi Situs

Setelah Anda menyimpan perubahan untuk kembali template Anda untuk Webmaster Tools dan klik pada tombol “Verifikasi”. Anda kemudian akan menerima konfirmasi dari Google bahwa situs Anda telah diverifikasi.

7. Arahkan ke Dashboard Webmaster Tools

Jika semua berjalan baik Anda sekarang akan melihat situs Anda dalam daftar di bawah kotak “Site Tambah”. Klik pada situs Anda dalam daftar dan anda akan dibawa ke “Dashboard”.

Pada halaman Dashboard Anda akan menemukan rincian tentang Google saat pengindeksan situs Anda. Jika Google belum belum diindeks situs Anda, Anda akan melihat pesan “Tidak ada halaman dari situs Anda saat ini disertakan dalam indeks Google” ditampilkan. Atau, jika Google telah menemukan situs anda maka anda akan mendapatkan pesan berikut: “Halaman dari situs Anda disertakan dalam indeks Google.”

8. Arahkan ke Peta Situs di Webmaster Tools

Setelah situs Anda diverifikasi Anda dapat melanjutkan dengan menambahkan sitemap Anda. Untuk melakukan hal ini klik “submit sitemap” link di sudut kanan bawah. Ini akan membawa Anda ke halaman “Sitemap”. Di sana Anda akan menemukan tombol berlabel “submit Sitemap”.

Pada halaman peta situs dalam jenis Webmaster Tools baik atom.xml atau rss.xml ke dalam kotak yang disediakan untuk memperpanjang URL yang ditampilkan dan klik pada tombol “Submit Sitemap”. Menggunakan contoh yang sama seperti sebelumnya http://blogsaya.blogspot.com/ menjadi

http://blogsaya.blogspot.com/atom.xml

atau

http://blogsaya.blogspot.com/rss.xml

Jika semua berjalan dengan baik maka Google akan menampilkan simbol yang menunjukkan bahwa pengajuan sitemap Anda sedang menunggu. Tidak perlu khawatir, Google akan memperbarui sitemap anda dalam beberapa menit. Pada saat itu Anda akan dapat melihat jumlah URL yang diidentifikasi oleh Google dan waktu download terakhir.

Bagaimana Jika Feed Anda Dialihkan atau Redirect?

Jika feed Anda dialihkan atau redirect karena menggunakan Feedburner misalnya maka Anda perlu menambahkan parameter permintaan untuk menghentikan redirect sehingga feed Anda dapat bertindak sebagai sebuah sitemap.

Jadi jika sebelumnya anda memasukkan url http://blogsaya.blospot.com/rss.xml maka tambahkan parameter menjadi :

http://blogsaya.blogspot.com/rss.xml?redirect=false

Jika Anda memiliki banyak posting dan Anda ingin agar seluruh posting anda dapat diindeks maka Anda tinggalkan menambahkan:

rss.xml redirect = false & start-index = 1 & max-results = 100?

Sehingga menjadi :

http://blogsaya.blogspot.com/ rss.xml redirect = false & start-index = 1 & max-results = 100?

Pada contoh di atas Google akan mengindeks 100 posting pertama Anda. Jika Anda memiliki lebih dari 100 tulisan, anda dapat membuat sitemap lain dengan mengikuti tahapan-tahapan di atas dan memulainya di angka 101, bukan 1.

Sangat sederhana bukan!? Nah selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: