10 Web Directory Yang Wajib Diketahui Blogger

web directory-submission
Directory Web untuk blogger pemula kebanyakan belum memahami arti dan fungsinya. Secara singkat dapat saya jelaskan bahwa web directory merupakan kumpulan data yang tersusun dalam berbagai kategori yang dalam dunia World Wide Web (www) merupakan sebuah daftar alamat situs yang tersusun berdasarkan kategori dan kemudian diberi tautan balik atau backlink. Apakah web directory dan Search Engine atau mesin pencarian itu sama? Tentu saja BEDA! Berdasarkan tulisan Wendi Boswell  seorang penulis, pembicara dan komentator media di LifeWire, meskipun istilah search engine dan Web Directory sering digunakan secara bergantian, tapi keduanya sangat berbeda.

Mengutip Wikipedia.org bahwa web directory bukanlah sebuah mesin pencari dan tidak menampilkan daftar halaman web berdasarkan kata kunci, melainkan berisi daftar situs-situs web yang disusun berdasarkan kategori dan subkategori. Dan perbedaan terbesarnya adalah sebagian besar pengisian konten situs direktori juga tidak dilakukan oleh mesin perayap web tetapi oleh manusia.

 

Web Directory bukanlah sebuah mesin pencari dan tidak menampilkan daftar halaman web berdasarkan kata kunci, melainkan berisi daftar situs-situs web yang disusun berdasarkan kategori dan subkategori

Pertanyaan selanjutnya, apa kegunaan web directory bagi para blogger? Ini dia pertanyaan bagus :D. Jadi web directory memungkinkan para blogger untuk mendaftar atau submit link blog atau link artikelnya agar mendapatkan backlink. Menurut para blogger profesional backlink dari situs-situs berkualitas sangat berpengaruh untuk menaikkan Page Rank blog kita. Sampai di sini mulai jelaskan? Karena semua blogger tahu, Search Engine Page Rank atau SERP sangat penting saat kita ingin mengembangkan blog terutama jika kita berencana menjadi milyuner lewat internet 🙌😋

Untuk tidak membuat lebih bingung pembaca blogku yang budiman, langsung saja saya sajikan daftar beberapa web directory yang saya update untuk bulan Maret 2017.

1. Dmoz

Tentu saja Web Directory ini di daftar pertama, karena selain GRATIS, juga memiliki kategori yang banyak.

dmoz

 

2. EatonWeb Blog Directory .

Web directory ini mengharuskan kamu membayar sekitar $ 34,99 untuk review blog.
eaton

3. Blog Catalog

memiliki sejumlah besar kategori dan menawarkan kemampuan untuk melakukan pencarian berdasarkan negara, bahasa atau pengguna. Desainnya blognya tidak terlalu banyak embel-embelnya, tapi menawarkan akses mudah untuk melakukan pendaftaran blog.

bcatalog

4. Best of the Web Blog Search

Salah satu web directory yang recommended bagi para blogger karena sangat efektif. Sayangnya sangat selektif dalam menyetujui pendaftaran blog. Sebuah backlink dari sini cukup untuk mendongkrak SERP lumayan tinggi 😇

bestweb

5. OnToplist.com

Web directory gratis yang membaca RSS feed dari blog. Kamu juga dapat menggunakan fitur situs sosial, direktori artikel, dan tools lainnya untuk membangun blog.
ontoplist

6. Blogarama

Directory ini memiliki basis yang kuat dari blog dan sistem teks-iklan yang solid untuk halaman depan.
blograma

7. Spillbean

Sebuah direktori yang dirancang dengan kategori seperti “kesehatan”, “komunitas”, “Internet”, dan “personal”

spillbean

8. Blog Search Engine

Salah satu blog directory yang paling selektif. Setiap anggotanya mendapatkan keuntungan-keuntungan yang istimewa.

BlogSE

9. Blogging Fusion

Blogging Fusion menawarkan lebih dari 60 kategori dan memiliki daftar anggota yang cukup banyak serta statistik pengunjung yang tinggi

blogfusion

 

10. Semrush.Com

Ini adalah situs untuk mengukur backlink blog kamu,  selain itu juga directory ini juga membolehkan untuk memantau satu situs secara lengkap. Semrush juga akan membantu melacak link ke situs kamu.

semrush

 

Daftar di atas hanyalah sebagian kecil dari daftar blog directory yang sangat banyak. Di Indonesia salah satu web direktori adalah Direktori Bisnis. Silahkan submit di salah satu web directory ini untuk mendapatkan inbound link yang berharga yang sangat berguna untuk membangun blog dan bisnis online kamu. Jika kamu punya daftar web directory lain silahkan cantumkan di kolom komentar, terima kasih.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *