6 Strategi SEO Memanfaatkan Google Search Console

Google Search Console
Google Search Console adalah sebuah tool gratis dari Google  yang salah satu fungsinya adalah memaksimalkan Search Engine Optimization atau SEO dari sebuah situs. SEO bertujuan untuk meningkatkan page rank di mesin pencarian dan sekaligus menaikkan traffic sehingga akan membuat sebuah blog lebih berkembang. Tanpa itu, blog kamu akan stagnan alias jalan di tempat kayak anak pramuka lagi latihan baris berbaris, hehehe…just kidding. Tapi tentu saja ini akan menjadi serius jika kamu berencana untuk moneytize blog kamu. Alih-alih menghasilkan uang, jumlah traffic yang rendah justru lebih banyak menguras waktu dan uang terlebih jika konten-konten kamu sebenarnya berpotensi untuk “dijual”. Tentunya sangat disayangkan terlebih jika kondisi itu hanya disebabkan oleh strategi SEO yang keliru.

 Alih-alih menghasilkan uang, jumlah traffic yang rendah justru lebih banyak menguras waktu dan uang

Di artikel saya sebelumnya tentang 7 Tips Jitu Menulis Artikel Seo Friendly telah dibahas strategi-strategi penulisan artikel yang ramah SEO, selanjutnya di artikel kali ini saya akan membagikan tips yang tidak kalah pentingnya untuk memaksimalkan hasil blogging kamu yaitu dengan menggunakan tool Google Search Console.

Google Search Console adalah perangkat gratis webmaster untuk menentukan sehat tidaknya sebuah website atau blog. Tool ini memungkinkan blogger untuk memantau kinerja situs mereka di mesin pencari Google dan mengidentifikasi masalah yang menghambat kinerjanya. Singkatnya, Google Search Console atau dulunya dikenal sebagai Webmaster Tool menunjukkan bagaimana situs kamu bekerja, dan koreksi-koreksi apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki jika ada masalah. Selain itu, tool ini juga dapat memberikan beberapa petunjuk penting tentang di mana kamu dapat memfokuskan usahamu untuk memaksimalkan hasil mesin pencarian.

Google Search Console atau dulunya dikenal sebagai Webmaster Tool menunjukkan bagaimana situs kamu bekerja

Jika belum memiliki Google Search Console maka silahkan baca artikel saya terlebih dahulu tentang Langkah Submit Sitemap di Blogger. Kemudian kamu bisa melanjutkan membaca artikel ini.

Jika sudah bisa mengakses ke tool ini, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan sudah memverifikasi kepemilikan situs kamu
  • Sebelum memulai, pastikan website memiliki sitemap
  • Tambahkan SEMUA varian dari nama situs  (www, https: //., Dll) ke dalam Search Console
  • Pastikan untuk memberitahu Google target geografis dan bahasa kamu

Berikut adalah beberapa cara Google Search Console dapat membantu menguasai niche atau topik.

1. Cari Kata Kunci Terbaik

Hal terbaik tentang Google Search Console adalah bahwa ia memberitahu di mana tepatnya kita harus memfokuskan usaha untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Berikut adalah cara untuk menemukan dan menggunakan data yang disediakan Google Search Console:

  • Cari menu “Lalu Lintas Penelusuran” di sisi kiri, dan pilih “Telusuri Analytics”. Sebuah grafik akan muncul yang menunjukkan berapa banyak klik yang kamu terima selama 28 hari terakhir.
  • Di atas grafik, pilih “Tayangan”, RKT, dan “Posisi”. Sekarang Anda akan melihat Query yang membawa pengunjung ke situs Anda, dan jumlah klik yang Query diterima bersama dengan peringkat relatif Anda.
  • Urutkan Query berdasarkan “Posisi” dan perhatikan semua Query pada peringkat 1 sampai 10 . berdasarkan query ini kamu dapat memilih kata kunci apa yang yang paling menarik bagi pembaca dan selanjutnya kamu akan fokus ke kata kunci itu saat menulis artikel karena Google sudah mengidentifikasi blog kamu dengan kata kunci tersebut dan dalam pengindexan selanjutnya mesin pencari Google akan lebih mudah menemukan blog kamu.

2. Temukan Anchor Text

Anchor teks mengacu pada teks yang digunakan dalam link yang mengarahkan seseorang ke halaman lain. Jadi maksudnya, anchor teks mengarahkan pembaca kepada sebuah halaman lain yang memiliki informasi lebih lanjut tentang tema artikel yang sedang dibaca.

Untuk menemukan Anchor Text maka Query blog kamu adalah anchor text yang efektif untuk backlink artikel. Google sudah mengaitkan halaman kamu dengan kata kunci tersebut, sehingga bermanfaat sebagai pengingat bagi Google dalam memperkuat posisi blog kamu untuk itu frase kata kunci.

3. Temukan Minat Pembaca

Selanjutnya, klik pada “Tayangan” di kolom header. Ini akan memberi kamu gambaran tentang jumlah pencarian terhadap suatu topik di situs kamu. Jika peringkat kamu kurang baik untuk query, kamu mungkin menerima sedikit atau tidak ada klik yang sebenarnya. Tapi informasi ini adalah kunci untuk mengetahui frekwensi terbanyak yang dijelajahi oleh pembaca potensial kamu

Carilah query yang memiliki jumlah tayangan yang tinggi dan topik yang paling menarik bagi pembaca blog kamu. Ketahui apa yang orang ingin baca, dan berikan informasi yang mereka inginkan, ini adalah cara mudah untuk memompa jumlah pembaca blog kamu.

4. Telusuri Halaman Populermu

Pada top menu, ubah filter dari ‘Query’ ke ‘Laman’. Ini akan menampilkan halaman-halaman di situs kamu dan berapa banyak lalu lintas pencarian yang masing-masing mereka dapatkan.

Disini kamu akan mendapatkan informasi tentang halaman-halaman di situs kamu yang paling sering dikunjungi sehingga kamu dapat mempertimbangkan untuk memperbaharui halaman tersebut dengan menambahkan konten-konten terbaru dan relevan.

Kamu juga dapat mengurutkan tab Laman berdasarkan jumlah Tayangan. Ini akan memberi kamu informasi tentang berapa banyak kesempatan yang ada untuk mendapatkan traffic pencarian untuk setiap halaman di situs kamu.

5. Dapatkan Backlinks

Blog kamu mungkin memiliki beberapa ‘inti’ konten yang dimaksudkan sebagai tujuan dari blog yang kamu buat. Dengan tombol ‘Laman’ diaktifkan, Urutkan halaman kamu berdasarkan ‘Klik’. Apakah kamu mendapatkan klik sebanyak yang diinginkan untuk halaman ‘inti’?

Sayangnya, terlalu sering jawabannya adalah “nggak”.

Di Google Search Console pergi ke ‘Lalu Lintas Penelusuran’ menu di sisi kiri halaman. Pilih ‘Tautan ke Situs Anda’ pilihan.

Di sisi kanan halaman, Google Search Console akan menampilkan ‘Konten Paling Linked’. Klik pada teks “more” untuk memperluas tampilan. Memperluas tampilan akan menunjukkan berapa banyak domain yang unik (Sumber Domain) telah menciptakan sebuah link ke website Anda.

Jika konten yang paling ingin kamu promosikan tidak memiliki profil backlink yang kuat maka itu artinya kamu harus mencoba untuk mendapatkan beberapa yang baru dan berkualitas tinggi. Untuk memperoleh backlink silahkan baca 10 Web Directory yang Wajib Diketahui Blogger. Backlink baru ini akan menunjukkan kepada Google bahwa konten kamu masih relevan dan menarik bagi orang-orang di niche. Dengan demikian, Google dapat meningkatkan peringkat pencarian kamu secara keseluruhan untuk halaman tersebut.

6. Solusi untuk Masalah Traffic di Google Search Console

Seperti yang kamu lihat, Google Search Console adalah alat yang hebat untuk memecahkan masalah yang dapat mempengaruhi traffic sebuah blog. Kuncinya adalah menjalankan strategi-strategi yang tepat untuk meningkatkan peringkat blog kamu sehingga lebih banyak orang dapat menemukannya.

Kesimpulannya, Menjaga konten yang segar dan terupdate, mematok penggunaan query yang terbaik, fokus terhadap anchor. Temukan topik yang menarik untuk pembaca blog, dan membentuk profil backlinkmu. Jika kamu dapat melakukan hal-hal ini, akan memberikan dampak yang signifikan pada kinerja keseluruhan blog serta pencapaian yang ingin kamu raih dari blog kamu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *