7 Tips Jitu Menulis Artikel SEO Friendly

SEO artikel
Menulis artikel yang menarik dan SEO friendly memang bukanlah sesuatu yang mudah, bagi kebanyakan blogger hal ini merupakan tantangan tersendiri apalagi dihadapkan pada kenyataan bahwa persaingan mendapatkan ranking di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing.com dsb semakin sulit. Terlebih lagi, saat googling di internet ada begitu banyak tips yang disajikan tentang bagaimana menambah ranking artikel, namun sesungguhnya tidak ada aturan baku tentang bagaimana seharusnya sebuah artikel disajikan. Untuk menulis artikel yang SEO friendly berikut ini saya akan sajikan 7 tips jitu yang wajib diperhatikan.

1. Gunakan Headlines dan Sub-header

Penggunaan Headlines dan sub-Header bertujuan untuk optimasi SEO karena hal itu akan membuat artikel kamu skimmable seperti yang saya lakukan dengan menggunakan poin 1, 2, 3 dan seterusnya sehingga artikel lebih tertata dan mudah dibaca. Kencenderungan orang adalah akan lebih nyaman dengan artikel yang mudah dibaca, selain itu dengan memiliki Headlines dan sub-header akan membuat kata kunci lebih nampak dan jelas bagi mesin pencari.

Kencenderungan orang adalah akan lebih nyaman dengan artikel yang mudah dibaca

2. Tambahkan Link ke Dalam Artikel

Link yang dimaksud disini adalah link ke situs-situs yang berkualitas tinggi, beberapa pendapat mengungkapkan bahwa dengan menautkan artikel ke situs-situs terkemuka akan meningkatkan validitas situs web kamu sendiri. Hal ini tentu terkait dengan kredibilitas sumber referensi yang kita gunakan dalam penulisan sebuah artikel.
Semakin kredibel sumber referensimu, semakin tinggi pula peluangmu untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencarian. Selain itu juga dengan menggunakan sumber kredibel dalam artikel akan menciptakan kepercayaan bagi para pembaca artikel kamu. Untuk lebih memahami hal ini, ada baiknya kamu membaca artikel terkait Menumbuhkan Popularitas dan Link ke Situs
Seiring dengan meningkatnya kepercayaan pembaca, maka peran kamu tidak lagi hanya sebatas sebagai penulis blog, tapi juga seorang pendidik bagi pengunjung blogmu. Jadi ketika misalnya kamu menulis sebuah review produk, mereka tidak akan ragu menjadikan artikelmu sebagai sumber informasi jika mereka tertarik pada produk tersebut.

Semakin baik link, semakin tinggi peringkat halaman kamu dalam hasil pencarian

3. Optimalkan Panjang Artikel

Google memberikan prioritas terhadap panjang artikel yaitu harus minimal 300 kata, akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa kalau tulisan terlalu panjang maka kamu akan berpontensi kehilangan pembaca. Untuk itu saya menyarankan panjang tulisan dikisaran 600 atau 800 kata. Kata kunci harus 1-2% dari teks. Jadi misalnya kamu membuat sebuah artikel dengan 500 kata maka kata kunci yang harus kamu masukkan sekitar 5-10 kata kunci di dalamnya.

4. Pilih Keyword Secara Bijak

Sebelum kamu duduk dan mulai menulis artikel, kamu harus memilih dan memilah keyword yang manakah yang ingin dimasukkan. Jika merasa kesulitan menemukan Keyword yang sesuai, kamu bisa menggunakan fasilitas Keyword Planner yang disiapkan Google seperti Adwords. Ketika kamu mulai menulis, gunakan keyword dalam judul, header, tag, dan teks utama. Ini dimaksudkan agar mesin pencari dapat lebih mudah menemukan topik yang sedang kamu bahas dalam tulisanmu.

5. Optimalkan Gambar

Gambar merupakan salah satu poin penting yang akan membuat konten kamu menarik dan layak untuk diterbitkan. Orang-orang secara psikologis jauh lebih mungkin untuk membeli di toko-toko online yang memiliki foto-foto yang menarik dan relevan.
Untuk mengoptimalkan foto yang disisipkan ke dalam artikel, kamu harus menambahkan keyword ke file gambar tersebut, kemudian pastikan untuk mengoptimalkan ukuran foto. Gambar yang terlalu besar akan memperlambat waktu buka dan merugikan dari sisi SEO. Jadi sangat disarankan untuk membuat gambar sekecil mungkin tanpa mengorbankan kualitas atau visibilitas.

Untuk mengoptimalkan foto yang disisipkan ke dalam artikel, kamu harus menambahkan keyword ke file gambar tersebut

6. Buatlah Artikel yang Mudah Dibagikan

Sampai disini jika kamu telah berhasil menulis artikel yang ramah secara SEO, konten yang kaya dan artikel menarik yang membuat orang ingin terus melanjutkan untuk membaca, maka langkah selanjutnya adalah untuk membuatnya dapat dibagikan.
Website seperti ShareThis dan AddThis akan mempermudah untuk menambahkan tombol media sosial untuk website kamu sehingga orang dapat berbagi konten dengan mudah dan cepat.

7. Menulis Konten Berkualitas Tinggi

Hal ini sangat jelas, akan tetapi tidak selalu dapat diterapkan. Cara terbaik agar orang berminat untuk membaca dan terlibat dalam komentar terhadap konten kamu adalah dengan menulis artikel yang berguna dan menghibur. Search engine atau mesin pencari memberikan penghargaan terhadap situs yang memiliki konten berkualitas tinggi dan relevan. Maka disini saya dapat katakan bahwa kualitas lebih penting dari hampir setiap faktor lainnya pada daftar diatas.

 mesin pencari memberikan penghargaan terhadap situs yang memiliki konten berkualitas tinggi dan relevan

Semoga tips kali ini dapat membantu pembaca yang budiman dalam membuat artikel yang menarik dan juga ramah terhadap SEO, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *