7 Tips Terbaik Menulis Review Produk

review produk

Review produk dari segi teknik penulisan dapat dikategorikan sebagai teknik copywriting. Teknik ini menguji kemampuan kita dalam menyampaikan pendapat tentang suatu produk, baik ataupun buruk. Di kalangan blogger profesional, keahlian ini menjadi salah satu modal penting untuk menghasilkan uang. Penghasilan ini kebanyakan berasala dari review mereka terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tulisan saya kali ini mencoba berbagi tentang bagaimana menulis sebuah review produk yang baik serta memberikan kesan mendalam. Selain itu tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya 7 Tips Jitu Menulis Artikel SEO Friendly. Berikut 7 tips penting yang harus diperhatikan dalam penulisan review sebuah produk.

1. Lakukan riset terhadap produk yang akan di review

Mengapa saya menempatkan riset pada poin pertama? karena untuk mengulas atau mereview sebuah produk butuh pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang produk itu sendiri. Tentu aneh jika kita berusaha memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu produk sementara kita sendiri tidak paham tentang produk itu.

Riset terhadap produk akan sangat membantu dalam membuat sebuah tulisan yang lengkap dan akurat. 

Bahan-bahan riset dapat dikumpulkan dari berbagai sumber. Sumbernya bisa dari perusahaan penyedia produk, dari internet maupun testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk itu sebelumnya. Bahan riset harus berupa informasi-informasi penting dan relevan.

Informasi dari pengguna sebelumnya akan sangat membantu dalam memetakan persoalan-persoalan yang dialami dan menawarkan solusi-solusi terbaik yang kita dapatkan baik dari penyedia produk maupun dari sumber informasi lainnya, sehingga orang-orang yang membaca tulisan kita akan merasa bahwa review kita tidak hanya mengulas hal tentang kelebihan produk, tapi juga dapat memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang mungkin dialami oleh pengguna di masa yang akan datang.

2. Pahami produk lebih dari orang lain

Perbedaan terbesar antara menulis review produk yang biasa-biasa saja dengan menulis review yang memberikan kesan mendalam bagi pembaca adalah bagaimana mendemonstrasikan pengetahuan mendalam tentang produk. Sebuah review produk yang ditulis oleh seseorang yang mengerti luar-dalam tentang produk akan lebih menarik perhatian dibanding seseorang yang baru mengenal produk tersebut.

Hal penting yang perlu diingat adalah apa tujuan orang browsing di internet untuk review produk tertentu. Jawabannya adalah mereka sedang mencari detail dan cakupan produk. Mereka ingin mendapatkan yang terbaik, terjangkau oleh kantong dan menawarkan solusi untuk after sale. Nah, sebagai penulis review tugas kita untuk memberikan semua informasi tersebut. Memahami produk lebih baik dibanding orang lain akan memberikan keuntungan kepada kita untuk memberikan informasi yang luas, terperinci dan akurat kepada para pembaca, pada titik itulah tulisan kita akan memberi kesan yang mendalam bagi pembaca.

Pembaca ingin mendapatkan produk yang terbaik, terjangkau oleh kantong dan menawarkan solusi untuk after sale

3. Ungkapkan dari persfektif pengguna pemula

Satu hal yang harus ditanamkan dalam pikiran kita saat mulai menulis review adalah jangan sampai terperosok dalam pemikiran “pembaca sudah tahu apa yang saya tulis.” Saat kamu merasa hal itu mungkin benar terjadi, maka sebagai penulis kamu perlu melangkah mundur untuk melihat kembali target yang ingin dicapai dari review yang ditulis.

Dalam banyak kasus, pembaca kita bukanlah hanya orang-orang yang secara khusus sengaja mencari informasi tentang produk yang kita review, akan tetapi kebanyakan juga berasal dari orang-orang yang browsing kesana kemari untuk mencari informasi produk lain dan secara tidak sengaja menemukan review kita. Sebagian dari mereka setidaknya pernah melihat atau mendengar tentang produk yang kita review.

Dari sudut pandang ini, kamu harus memperkenalkan fungsi dan keunggulan produk tersebut seolah-olah para pembaca tidak pernah tahu kalau produk itu ada. Keuntungan dari melakukan hal itu adalah bahwa selain kamu menjelaskan fungsi dan keunggulan dari produk, kamu juga sudah mengajarkan kepada pembaca lain yang memang belum mengetahui produk itu sesuatu yang benar-benar baru. Ini sangat penting. Pembaca yang menemukan blog pendidikan yang mengajarkan sesuatu yang baru, hampir bisa dipastikan akan tinggal lebih lama di situs tersebut. Jika mereka tidak belajar sesuatu yang baru, mereka akan pergi ke tempat lain dan tidak kembali.

kamu harus memperkenalkan fungsi dan keunggulan produk tersebut seolah-olah para pembaca tidak pernah tahu kalau produk itu ada

4. Jangan gunakan iklan marketing

Di poin pertama tadi saya menyarankan untuk mengumpulkan informasi seputar produk termasuk dari perusahaan penyedia, namun begitu sangat tidak disarankan untuk menggunakan materi yang sama dengan yang digunakan oleh pihak marketing dalam memasarkan produk mereka. Hal penting yang kamu harus ingat adalah bahwa kebanyakan pembaca sudah bosan dengan metode pemasaran yang sifatnya konvensional, dengan bahasa-bahasa iklan yang penuh omong kosong.

Kamu harus bisa menggambarkan sebuah produk dapat bekerja secara fungsional di dunia nyata dan bukan hanya sekedar janji kosong. Ingat, pembaca di internet kebanyakan adalah orang-orang yang memiliki daya kritis yang baik, mereka akan segera tahu jika kamu hanya sedang memuji produk karena mendapatkan bayaran dari menulis review, dan sama sekali tidak berpihak kepada mereka sebagai calon konsumen.

 Ingat, pembaca di internet kebanyakan adalah orang-orang yang memiliki daya kritis yang baik, mereka akan segera tahu jika kamu hanya sedang memuji produk karena mendapatkan bayaran dari menulis review

Jadi berikanlah informasi yang komprehensif disertai link-link ke situs lain yang mengulas informasi yang sama. Disamping itu beritahu juga pembaca bagaimana menggunakan produk tersebut secara maksimal, sehingga mereka akan berpikir bahwa tulisan kamu mendidik, bukan sedang menjual seperti yang dilakukan agen marketing perusahaan.

5. Berkomunikasi dengan perusahaan

Ini adalah salah satu langkah yang banyak diabaikan orang, padahal ada alasan penting mengapa kita harus bisa berkomunikasi dengan perusahaan penyedia produk. Pertama, dengan melakukan hal ini, berarti kita menciptakan sebuah jembatan antara pembaca dan perusahaan. Ini merupakan cara yang bagus untuk menyalurkan umpan balik tentang suatu produk di masa depan, sehingga di satu sisi pembaca selaku konsumen, bisa menyampaikan masalah-masalah yang dialami saat menggunakan suatu produk dan di sisi lain dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjadi bahan evaluasi terhadap kualitas produk mereka.

Kedua, kamu dapat membantu pembaca saat mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan produk. Mereka akan datang dengan sejumlah pertanyaan. Jika kamu dapat mengkomunikasikan hal ini ke perusahaan dan mendapatkan solusi maka kamu akan memperoleh nilai lebih sebagai seorang pendidik.

6. Berikan jawaban terhadap komentar-komentar pembaca

Sebagai penulis review, kamu harus menyediakan waktu untuk membalas komentar-komentar dari pembaca. Perlu diketahui bahwa saat kamu menulis sebuah review maka dampaknya akan berlangsung lama. Para pembaca akan selalu datang dan berkomentar tentang produk yang kamu tulis, dan kamu wajib membalas untuk menunjukkan bahwa kamu masih terlibat dengan postingan itu serta kamu tetap peduli terhadap semua persoalan yang mereka alami.

Lakukan ini, dan pembaca akan jauh lebih loyal datang ke situsmu dan menunggu kira-kira apalagi jawabanmu terhadap suatu masalah. Dengan begitu hal ini akan membantu kamu menaikkan PageRank pada postingan review produk.

Perlu diketahui bahwa saat kamu menulis sebuah review maka dampaknya akan berlangsung lama

7. Berkomunikasi dengan media yang relevan

Terakhir, jika kamu mereview sebuah produk yang benar-benar masih baru, kirimkan pesan singkat ke media oulet yang relevan tentang produk yang kamu review. Salah satu situs yang terkenal di Indonesia adalah Direktori Bisnis Indonesia Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk menyebarkan berita. Biarkan mereka tahu kalau review kamu sudah diterbitkan dan bahwa hal itu mungkin bermanfaat untuk pembaca mereka.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Jika kamu punya tips lain selain yang sudah saya bahas di atas, silahkan tambahkan dalam kolom komentar. Indahnya berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *